Wednesday, May 1, 2019

Pelancaran Ihya' Ramadhan

Tarikh: 29 April 2019
Hari: Isnin
Masa: 7.30 pagi
Tempat: Dataran Perhimpunan

Anjuran: Panitia KBD, Sumur dan Pendidikan Islam
Penyelaras:

Ihya Ramadhan 


Ihya Ramadhan atau menghidupkan Ramadhan dengan berbagai aktiviti yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan ini hendaknya diisi dengan memperbanyak ibadah kepada Allah swt, memperpanjang ruku’, sujud, shalat tarawih, bermunajat kepada Allah, memperbanyak sholat nawafil, senantiasa berzikir, tilawah dan tadabbur al-Quran, I’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, mengurangi waktu tidur pada siang hari (sementara Rasulullah dan Ummahatul Mu’minin selama Ramadhan begitu aktifnya beramal).

Disamping itu aktivitas Ramadhan juga harus dapat memperkukuh hubungan sesama manusia, seperti memberikan zakat, infaq dan sedekah, ifthar (buka puasa bersama) dan lain-lain. Menjauhkan diri dari perbuatan lagha (sia-sia). Bulan Ramadhan adalah untuk memperbanyak ibadah sehingga kita dapat menjauhi hal-hal yang mengurangkan waktu ibadah, seperti menghabiskan waktu hampir seharian di dapur untuk menyiapkan makanan berbuka, kerana saat yang terbaik untuk pengisian ruh dan pensucian jiwa akan hilang begitu saja dengan pengisian perut dan pengotoran jiwa, menghabiskan waktu di depan televisi dan perbuatan lainnya yang cenderung tidak ada gunanya.

Menahan anggota tubuh dan hati dari perbuatan yang diharamkan menjadi suatu kemestian dalam bulan Ramadhan ini. Seperti misalnya menahan pandangan mata dari pandangan yang dimakruhkan, Menahan pendengaran dari namimah, ghibah dan kemungkaran, menjaga Lisan dan hati dari perbuatan yang dapat mengotorinya.












No comments:

Post a Comment